loading...

Makanan yang Perlu dihindari Oleh Ibu yang Baru Melahirkan

loading...
Pantangan untuk ibu yang baru melahirkan [image by tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.co.id], 
Pada saat hamil, kebanyakan ibu dianjurkan untuk tidak sembarang mengkonsumsi makanan, hal ini untuk menjaga agar kandungan dan bayi yang ada didalamnya sehat. Dan setelah melahirkan seorang ibu tidak lantas dapat mengkonsumsi sembarang makanan, terdapat pula beberapa mekanan yang perlu dihindari.

Fungsi dari pembatasan beberapa makanan ini ialah untuk menjaga ASI yang dikonsumsi oleh bayi nantinya tidak menyebabkan masalah setelah masuk kedalam tubuhnya. Berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari oleh ibu yang baru melahirkan, seperti yang dikutip dari lifestyle.okezone.com.

Makanan dan minuman berkafein
Kopi, cokelat, atau teh merupakan contoh makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kafein tidak akan menyebabkan masalah jika hanya sedikit yang masuk ke tubuh. Namun, kafein yang masuk ke tubuh dalam jumlah banyak mungkin dapat menyebabkan masalah, seperti sulit tidur dan dehidrasi.

Tidak hanya itu, kafein juga bisa bercampur dengan ASI sehingga kafein bisa masuk ke tubuh bayi Anda. Jika bayi Anda tampak sangat tidak tenang, gelisah, dan sulit tidur, mungkin itu menjadi tanda bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein. Cobalah untuk membatasi konsumsi kopi per hari dan lihat perbedaannya pada bayi Anda.

Makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas saat Anda menyusui mungkin dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada Anda dan bayi Anda. Makanan pedas dapat menyebabkan Anda mengalami mulas dan sakit perut, bahkan sampai diare. Hal ini tentu dapat mengganggu pemberian ASI ke bayi. Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan kolik pada bayi. Untuk itu, disarankan bagi ibu menyusui agar membatasi konsumsi makanan pedas.

Makanan berminyak
Makanan berminyak atau berlemak merupakan makanan yang sulit untuk dicerna. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini selama beberapa hari setelah melahirkan. Makanan berlemak dan berminyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan, perut terasa kebakar, dan bergas.

Selain itu, terlalu banyak makan makanan yang berminyak dan berlemak juga dapat menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dapat membuat Anda merasa kurang bugar dan tidak nyaman dengan tubuh Anda sendiri.

Makanan yang bergas dan asam
Makanan bergas dan asam dapat membuat pencernaan Anda tidak nyaman. Makanan ini mungkin juga dapat membuat bayi Anda kolik. Beberapa makanan bergas atau asam yang harus Anda hindari beberapa hari setelah melahirkan adalah kacang, kol, kembang kol, brokoli, dan minuman bersoda. Demikian ditulis Hellosehat.
loading...