Manfaat dan Bentuk Latihan Kekuatan (Strength)

Latihan kekuatan [image by programfitnes.com], 
Melatih kekuatan atau strength sangat baik untuk kebugaran tubuh kita, terlebih lagi pada saat kita beraktifitas seharian. Kekuatan atau strength adalah kemampuan meregangkan otot untuk menghadapi suatu tahanan. Terdapat beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan saat melatih kekuatan tubuh kita.

Beberapa manfaat jika seseorang memiliki kekuatan otot yang baik, yaitu meningkatkan daya penggerak pada setiap aktivitas, mencegah kemungkinan cidera, menunjang efisiensi kerja, dan memperkuat stabilitas persendian. Untuk latihan kekuatan otot digunakan beban berat dengan ulangan sedikit. Berat beban dapat disesuaikan dengan kemampuan atau kekuatan otot yang dimiliki. Berikut ini beberapa latihan kekuatan otot dengan menggunakan alat sederhana.

Latihan Kekuatan Otot Bagian Atas

Berikut ini bentuk-bentuk latihannya:
  1. Melatih kekuatan otot perut dapat dilakukan dengan sit up.
  2. Melatih kekuatan otot punggung dapat dilakukan dengan mengangkat beban di punggung.
  3. Melatih kekuatan otot tangan dapat dilakukan dengan mengangkat beban di punggung da tangan mengarah ke belakang.
Latihan kekuatan otot bagian atas juga dapat dilatih dengan melakukan two arms press. Latihan ini bertujuan menguatkan otot lengan, bahu, dan pundak. Two arms press dilakukan dengan cara mengangkat beban setinggi dada sehingga kedua lengan lurus. Gerakan ini dilakukan menggunakan beban berat dengan ulangan sedikit.

Latihan Kekuatan Otot Bagian Bawah

Berikut ini bentuk-bentuk latihannya.
  1. Naik turun bangku
  2. Naik turun bangku dengan mengangkat beban
  3. Duduk berhadapan dengan teman,meluruskan kedua kaki, dan saling menarik handuk.
Itulah beberapa manfaat dan bentuk latihan kekuatan tubuh dan otot tubuh, pada dasarnya melatih kekuatan ini dilakukan pada otot bagian atas dan bagian bawah. Latihan kekuatan otot atas difokuskan pada daerah punggung, tangan, dan perut. Sedangkan latihan otot bawah difokuskan pada kaki dan pinggang.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.