Ini Penyebab Pusing Setelah Berolahraga

Ilustrasi pusing setelah berolahraga [image by nationalgeographic.co.id], 
Berolahraga merupakan aktifitas yang menyenangkan, selain itu bisa juga untuk menyehatkan badan serta dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi kadang jika kita selesai berolahraga, kepala kita terasa pusing dan pening.

Nah jika anda sering mengalami pusing setelah berolahraga, kenali dahulu penyebabnya serta cara untuk mengatasinya agar saat melakukan olahraga selanjutnya tidak mengalami hal yang sama. Berikut ini penyebab pusing setelah berolahraga beserta cara untuk mencegahnya, seperti yang dikutip dari shape.com dan KOMPAS.com.

Dehidrasi

Dunia seolah berputar saat olahraga mungkin disebabkan dehidrasi. Kenali tanda-tanda dehidrasi. Agar tetap terhidrasi saat olahraga, minumlah cukup air dan cukup sering.

Kadar gula rendah

Satu alasan utama pusing saat dan sesudah olahraga adalah kadar gula rendah. Kadar gula turun dan naik sepanjang hari berdasarkan makanan yang diasup dan seberapa cepat tubuh kita mencernanya. Agar terhindar dari kepeningan gara-gara kadar gula rendah (lelah dan pening adalah beberapa dari gejala-gejalanya), Morrison merekomendasikan minum air kelapa asli. Air itu bakal merehidrasi tubuh sementara gula di dalamnya menjaga kadar gula tak turun.

Tekanan darah rendah

Pening mendadak saat olahraga intensif seperti lari atau naik sepeda mungkin disebabkan oleh tekanan darah rendah. Tekanan darah sehat seharusnya mendekati 120/80. Beberapa ahli mendefinisikan tekanan darah rendah di sekitar 90/60. Namun tekanan darah yang dipandang "rendah" untuk seseorang mungkin tak cukup "rendah" untuk orang lain. Oleh karena itu butuh konsultasi dengan dokter untuk mengetahuinya.

Secara umum, orang yang kurus, memiliki metabolisme cepat dan pening hanya gara-gara berdiri lebih rentan terkena tekanan darah rendah. Disarankan untuk menambahkan sedikit garam ke sayur untuk menaikkan sedikit tekanan darah.

Lupa bernapas

Jika napas tidak disinkronkan dengan apa yang dilakukan, mungkin Anda tak membawa cukup oksigen masuk dan mengeluarkan karbondioksida yang dapat menyebabkan pening mendadak. Anda mungkin menahan napas ketika melakukan gerakan isometrik seperti plank atau squat serta bernapas berat lewat mulut ketika sprint. Lihat lagi panduan cara napas yang benar selama berolahraga.