Macam-Macam Bentuk Latihan Untuk Kekuatan Otot Lengan dan Bahu

latihan push up [image by www.seputarfitness.com]
Macam-Macam Bentuk Latihan Untuk Kekuatan Otot Lengan dan Bahu ~ Mempunyai tubuh yang sehat dan bugar merupakan impian semua orang, tidak ada yang mau jika badannya lemah dan mudah sakit-sakitan, maka dari itu untuk membuat badan kita tetap segar dan bugar maka perlu menjalankan pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat yaitu berolahraga.

Selain untuk membuat badan sehat, olahraga juga akan membuat badan kita kuat. Untuk membuat otot badan kita kuat diperlukan latihan-latihan yang akan membentuknya, untuk membentuk atau melatih kekuatan otot lengan dan bahu, diperlukan latihan khusus yaitu latihan yang dikhususkan pada otot lengan dan bahu.

Apa saja macam-macam bentuk latihan untuk kekuatan otot lengan dan bahu? Berikut ini akan dijelaskan bentuk latihan serta cara melakukan bentuk latihan tersebut.

1. Latihan Push Up
Cara melakukan:
  • Sikap awal tidur telungkup, kedua kaki dirapatkan lurus ke belakang dengan ujung kaki ditempelkan pada lantai (untuk putra) kedua lutut ditempelkan pada lantai (untuk putri).
  • Kedua telapak tangan menumpu pada lantai di samping dada, jari-jari tangan menunjuk ke depan dengan kedua siku ditekuk.
  • Kemudian angkat kedua tangan ke atas hingga kedua siku lurus, badan dan kaki merupakan satu garis lurus.
  • Lalu badan diturunkan kembali, dengan jalan membengkokkan kedua siku, badan dan kedua kaki tetap lurus tidak menyentuh lantai.
  • Intensitas latihan dilakukan berulang-ulang selama 30 detik, kemudian diulang lagi semampunya, semakin lama semakin bertambah ulangannya atau dilakukan 10 sampai 30 kali ulangan setiap latihan.
2. Latihan Memanjat Tali
Memanjat tali merupakan latihan yang bagus untuk melatih kekuatan otot tangan dan bahu.

3. Latihan Gerobak Dorong
Cara melakukan:
    Satu orang melakukan berjalan dengan kedua tangannya dan temannya membantu memegang/ mengangkat kedua kaki orang yang melakukan gerakan tersebut. Lakukan secara bergantian dengan jarak tempuh + 10 m.
Itulah beberapa bentuk latihan yang dapat digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu, sebenarnya masih ada juga bentuk latihan lainnya untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu menggunakan beban, akan tetapi akan kita ulas pada postingan lainnya.  SELANJUTNYA 

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "bugar dan sehat" berikut ini :