Bentuk-Bentuk Latihan Kecepatan

Melatih kecepatan tubuh [image by dunialari.com]
Bentuk-Bentuk Latihan Kecepatan ~ Kecepatan merupakan salah satu indikasi tubuh kita mempunyai kebugaran yang baik, jika kebugaran kita kurang maka otomatis tingat kecepatan pergerakan tubuh kita akan melambat. Kecepatan sangat dibutuhkan oleh atlit olahraga yang mengandalkan kecepatan bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, misalnya olahraga lari.

Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berturut-turut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Untuk mendapatkan kecepatan yang baik, perlu melakukan latihan-latihan kecepatan. Beberapa latihan kecepatan sudah pernah saya berikan sebelumnya, silahkan melihat postingan sebelumnya. Pada postingan ini saya akan memberikan bentuk latihan kecepatan lainnya. Terdapat tiga macam bentuk latihan kecepatan, yaitu kecepatan sprint (sprinter speed), kecepatan reaksi (reaction speed), dan kecepatan bergerak (speed of movement).

1. Kecepatan sprint (sprinting speed)
Kecepatan sprint adalah kemampuan seseorang bergerak ke depan dengan kekuatan dan kecepatan maksimal untuk mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Cara pengembangan kecepatan spint dapat dilakukan dengan interval running dengan volume beban latihan 5 – 10 kali giliran lari, jarak 30-80 meter, intensitas latihan lari 80% - 100%.

2. Kecepatan reaksi (reaction speed)
Kecepatan reaksi adalah kemampuan seseorang untuk menjawab rangsangan secepat mungkin dalam mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Hampir semua cabang olahraga memerlukan kecepatan-kecepatan reaksi di dalam pertandingan. Untuk mengembangkan kecepatan reaksi dapat dilakukan dengan metode pertandingan. Guna mencapai waktu yang secepat-cepatnya dalam mereaksi suatu rangsangan.

3. Kecepatan bergerak (speed of movement)
Kecepatan bergerak adalah kemampuan seseorang untuk bergerak secepat mungkin dalam satu gerakan yang tidak terputus, seperti gerakan melompat, melempar, dan salto. Tiap cabang olahraga memerlukan jenis kecepatan yang berlainan persentasenya.

Itulah bentuk-bentuk latihan kecepatan, dengan melatih kecepatan maka kita akan mempunyai manfaat ganda yaitu selain otomatis akan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar kita juga akan merasa tubuh kita ringan dan dapat beraktifitas dengan penuh semangat.  SELANJUTNYA 

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "bugar dan sehat" berikut ini :