loading...

Penyakit yang Timbul Akibat Kekurangan Gizi

loading...
Makanan bergizi [image by www.tribunnews.com]
Penyakit yang Timbul Akibat Kekurangan Gizi ~ Gizi merupakan zat makanan pokok yang sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Terpenuhi atau tidaknya kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi dapat terlihat dari keadaan sesorang tersebut. Pada umumnya kebutuhan akan gizi terpenuhi dari dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Jika makanan yang dikonsumsi setiap hari mempunyai gizi yang seimbang maka orang tersebut badannya akan sehat dan jauh dari penyakit akibat kekurangan gizi. Sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi setiap hari tidak bergizi atau mempunyai gizi yang kurang maka tubuh seseorang tersebut akan rentan terkena penyakit kekurangan gizi.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kebutuhan gizi seseorang itu berbeda, yaitu usia, pekerjaan, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Penyakit yang timbul akibat kurang gizi kebanyakan diderita pada masyarakat kurang mampu dan didominasi oleh anak-anak. Adapun penyakit yang diakibatkan oleh kurang gizi adalah:

1. Busung lapar (kwatshcorkor)
Busung lapar, yaitu penyakit kekurangan energi protein (KEP). Biasanya penyakit ini diderita pada anak-anak atau bayi lima tahun. Balita terhambat pertumbuhan, perutnya buncit (bengkak). Biasanya banyak di daerah garis kemiskinan sehingga tidak mencukupi nilai gizi dalam makanan sehari-hari.

2. Gondok (golter)
Penyakit ini merupakan adanya pembengkakkan kelenjar troid di leher. Dikarenakan kurang mineral yodium. Yodium berguna dalam pembentukan hormon tiroksin. Zat ini terdapat pada garam, ikan laut, udang, dan kerang.

3. Rabun senja
Penyakit ini berlangsung pada hari mulai senja. Oleh karena itu, penderita ini tidak melihat pada senja hari (rabun senja). Hal ini karena kekurangan Vitamin A dalam waktu yang lama.

4. Anemia
Anemia adalah penyakit kekurangan darah, dikarenakan dalam makanan sehariharinya kekurangan zat besi, juga terhambatnya asupan zat besi berupa asam fitat yang terdapat pada kacang-kacangan, gandum, dan teh, kopi (palifenal).

Itulah beberapa penyakiy yang timbul akibat kekurangan gizi, jika anda terkena penyakit yang disebutkan diatas itu tandanya anda kekurangan gizi atau dalam makanan yang anda konsumsi belum mengandung gizi yang seimbang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Salam sehat.  SELANJUTNYA 

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi; editor, Ema Kurnianingsih.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "makanan sehat" berikut ini :
loading...